" Gapai Masa Depan,Raih Impian Bersama Smansa Mangkutana. Skali Bendera Berkibar Pantang di Turunkan Tanpa Prestasi Cemerlang "

Sabtu, 22 Desember 2012

@Mangkutana Art

Smansa Art.info - Dalam praktik bidang study Seni,khususnya siswa kelas XI Smansa Mangkutana  mempelajari proses pembuatan kerajinan dari bambu. Dan hasilnya,satu persatu karya - karya itu dapat terselesaikan  dengan hasil yang maksimal.
Hal itu terbukti dari nilai yang berhasil mereka peroleh pada semester pertama hampir mendekati sempurna. dari sekian banyak siswa kelas XI rata-rata nilai yang mereka peroleh di atas 96, suatu nilai yang hampir mendekati kesempurnaan untuk sebuah karya seni kerajinan tingkat SMA.
Selama proses pembuatan karya-karya seni itu, tidak jarang siswa mendapatkan pembinaan keras dari guru bidang study yang bertujuan untuk lebih menumbuhkan kedisiplinan dan kreatifitas pada diri siswa sehingga kedepan diharapkan para siswa mampu mengembangkan kreatifitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa kerajinan yang berhasil diselesaikan para siswa SMansa Mangkutana pada semester pertama itu diantaranya  adalah Lampu Hias dari bambu, kipas dari bambu, lukisan tempel dan kerajinan dari tempurung kelapa.
Dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun ini bidang study Seni Budaya di Smansa Mangkutana lebih lebih terfokus pada kerajinan-kerajinan yang menggunakan bahan dari bambu ataupun tempurung kelapa. Hal ini bertujuan agar siswa mampu belajar berkreasi dengan memanfaatkan bahan yang sering di jumpai di sekitar lingkungan mereka. Disamping itu para siswa mampu secara langsung mempraktikkan beberapa kerajinan yang selama ini hanya mereka lihat dari gambar, televisi ataupun sumber-sumber lain.
Tidak hanya sebagai materi belajar saja,tapi beberapa siswa bahkan telah menjadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk tambahan uang jajan dengan cara menjual karya yang telah mereka buat sendiri di luar jam sekolah,sungguh suatu kemauan yang layak untuk kita bina dan kita arahkan pengembangan keratifitasnya.
Selain itu, Bidang study Seni Budaya Smansa Mangkutana juga membuat program tetap di akhir tahun ajaran sebagai bagian dari ketuntasan nilai yaitu berupa kegiatan Gelar Karya Seni Budaya dan Kriya. Dalam kegiatan itu semua hasil karya siswa yang di buat selama dua semester akan di pamerkan pada pengunjung,dan karya kerajinan siswa nantinya juga menampilkan beberapa olahan masakan khas dari beberapa Adat Budaya Nusantara. Dengan semua kegiatan yang di laksanakan pada bidang study seni ini diharapkan Smansa Mangkutana mampu melahirkan generasi-generasi penerus yang bisa lebih menghormati dan menghargai arti sebuah karya seni.









Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar