" Gapai Masa Depan,Raih Impian Bersama Smansa Mangkutana. Skali Bendera Berkibar Pantang di Turunkan Tanpa Prestasi Cemerlang "

Minggu, 27 Januari 2013

Memilih Jurusan Psikologi


          Smansa.Info - Memahami orang ternyata tidak mudah. Sebab, banyak faktor yang menentukan sifat dan perilaku mereka. Nah, jika kamu tertarik pada perilaku manusia dan ingin memahami mengapa seseorang berperilaku tertentu, kamu bisa memilih Psikologi sebagai program studi (prodi) kuliahmu.
Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)Jurusan Psikologi biasanya masuk ke kelompok kajian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), hanya Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang memasukkan Psikologi pada kelompok prodi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Memilih Jurusan PsikologiSebagai mahasiswa Psikologi, kamu akan mempelajari kehidupan kejiwaan manusia meliputi perasaan, sikap, pikiran, serta proses kejiwaan lainnya. Tidak hanya mencari tahu masalah-masalah kejiwaan manusia, kita juga akan diajarkan cara mencari solusi atas beragam permasalahan tersebut.
Mahasiswa psikologi juga akan belajar tentang fisiologi manusia seperti anatomi, genetika, dan ilmu faal. Kamu juga akan belajar ilmu-ilmu sosial seperti antropologi, sosiologi, filsafat, hingga kriminologi. Secara khusus, kamu akan diajarkan tentang cabang-cabang ilmu psikologi, misalnya psikologi konsumen, psikologi lingkungan, psikologi organisasi, dan psikologi kognitif.
Nantinya, kamu dapat memilih beberapa konsentrasi psikologi yang akan menjadi dasar kariermu. Dengan begitu, ketika lulus, kamu akan menjadi spesialis dalam bidang psikologi klinis, psikologi behaviouristik, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi, serta psikologi sosial.
Sarjana psikologi dapat melamar untuk berbagai posisi di perusahaan. Tetapi, umumnya, perusahaan membutuhkan para lulusan Psikologi untuk ditempatkan di human resources department (HRD). Jika kamu tertarik menjadi psikolog, maka kamu masih harus meneruskan pendidikan profesi setingkat strata dua (magister).

Untuk pendidikan sarjana, kamu bisa memilih prodi Ilmu Psikologi (Jurusan Psikologi) di beberapa kampus negeri berikut:

1. Universitas Syiah Kuala
2. Universitas Sumatra Utara (USU)
3. Universitas Negeri Padang
4. UIN Sultan Syarif Kasim
5. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
6. Universitas Indonesia (UI)
7. UIN Syarif Hidayatullah
8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
9. Universitas Padjadjaran (Unpad)
10. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
11. Universitas Diponegoro (Undip)
12. Universitas Gadjah Mada (UGM)
13. UIN Sunan Kalijaga
14. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
15. Universitas Airlangga (Unair)
16. Universitas Trunojoyo
17. IAIN Sunan Ampel
18. Universitas Negeri Malang (UM)
19. Universitas Brawijaya (UB)
20. UIN Malang
21. Universitas Udayana (Unud)
22. Universitas Mulawarman (Unmul)
23. Universitas Negeri Makassar (UNM)
24. Universitas Negeri Manado
Semua kembali pada Anda, sebelum menentukan untuk memilih Jurusan Psikologi ada baiknya kita tanya dulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita, jurusan apa yan kita sukai dan yang mampu kita kuasai, apa yang kita bisa karena dengan memilih jurusan yang berdasarkan kemauan, maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng dan kita tidak merasa terbebani, berdoalah jika masih bingung.


Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar