" Gapai Masa Depan,Raih Impian Bersama Smansa Mangkutana. Skali Bendera Berkibar Pantang di Turunkan Tanpa Prestasi Cemerlang "

Selasa, 15 Januari 2013

Tip & Trik Menghadapi SNMPTN

SNMPTN3
       Smansa.Info - Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih sebenarnya SNMPTN itu? SNMPTN merupakan nama lain dari Sipenmaru, UMPTN, atau SPNB yang dulu pernah tenar. Sama seperti saudara-saudaranya itu, saat SNMPTN kamu bakalan duduk di antara orang-orang yang nggak kamu kenal dan mereka adalah saingan kamu.
Meski demikian, jangan ragu untuk mengikuti SNMPTN karena berikut ini ada beberapa tip & trik menghadapi SNMPTN. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan.

  1. Kesehatan, sangat penting karena kalau sakit, kamu tidak bisa mengikuti tes SNMPTN dan susulannya pasti akan sangat sulit.
  2. Siapkan mental dan jangan stres. Kalau kamu stres, kamu akan tambah pusing dan menderita sendiri.
  3. Siapkan diri, artinya kamu harus sudah matang dengan SNMPTN yang jelas berbeda dengan UN baik secara materi ataupun pola pengerjaannya. Kamu harus belajar, berlatih, dan berlatih, serta gunakan logikamu.
  4. Berdoa, jangan lupa, ini yang paling utama. Berdoalah semoga apa yang kamu pelajari keluar nanti di ujian dan berdoa agar kamu diberi yang terbaik. Ingat, selain berusaha maksimal, kamu juga harus berdoa dengan maksimal.
Setelah mengetahui apa yang harus kamu persiapkan menjelang ujian SNMPTN, berikut adalah tahap-tahap yang harus kamu lakukan.
  • Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai SNMPTN dan perguruan tinggi yang kamu targetkan.
  • Beli formulir dan daftarlah sebagai peserta di salah satu program studi IPA, IPS, atau IPC.
  • Pilih jurusan yang sudah dipertimbangkan dengan matang dan dipertimbangkan dari segi: (a) lokasi dan biaya, (b) sesuai cita-cita, minat, dan bakat, (c) daya tampung jurusan dan peluang diterima, (d) ingat kemampuan diri sendiri, (e) masa depan karier dan pekerjaan.
  • Siapkan formulir kesehatan dan tidak buta warna karena nanti itu akan ditanyakan. Buatlah jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan SNMPTN, minimal setelah UN.
  • Jangan lupa siapkan foto diri terbaru, berwarna dan hitam putih dari berbagai ukuran 2 x 3; 3 x 4; 4 x 6 dan masing-masing siapkan minimal 5 lembar, ingat lebih baik lebih daripada kurang.
  • Jika sudah mendapat kartu peserta, cek lokasi tempat kamu ujian sebelum hari pelaksanaan. Jangan sampai ketika hari H kamu baru cari lokasi, bisa-bisa kamu terlambat dan gagal ujian.
  • Jaga baik-baik kartu ujian, jangan sampai hilang. Jika kartu ujian hilang meskipun lulus, kamu tidak bisa diterima.
  • Siapkan pensil 2B yang asli, bawa penghapus yang bagus jangan sampai hitam saat dihapus. Jangan lupa juga membawa pulpen hitam.
Persiapan menjelang SNMPTN sudah oke, sekarang giliran kamu mencari kisi-kisi soal yang akan diujikan.

Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar